Ngaji Arbain Nawawi : Niat

(Ngaji Senin, 18/09/17)

Rangkuman Kitab Hadits Arbain
Karangan Syekh Yahya bin Syarif Al Husain atau lebih dikenal dengan Syekh Nawawi
Dalam kitab ini terdapat kurang lebih 40 hadits yang umum didengar dalam kehidupan manusia
 

BAB 1

Hadits tentang niat


عن أمير المؤمنين أبي حفص عمر بن الخطاب رضي الله عنه قال سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول " إنما الأعمال بالنيات , وإنما لكل امرئ ما نوى , فمن كانت هجرته إلى الله ورسوله فهجرته إلى الله ورسوله , ومن كانت هجرته إلى دنيا يصيبها و امرأة ينكحها فهجرته إلى ما هاجر إليه " متفق عليه

Terjemahan:

Dari Amirul Mukminin Abu Hafsh, Umar bin Al-Khathab radhiyallahu 'anhu, ia berkata : “Aku mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: “Segala amal itu tergantung niatnya, dan setiap orang hanya mendapatkan sesuai niatnya. Maka barang siapa yang hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya itu kepada Allah dan Rasul-Nya. Barang siapa yang hijrahnya itu Karena kesenangan dunia atau karena seorang wanita yang akan dikawininya, maka hijrahnya itu kepada apa yang ditujunya”.

Pada suatu saat sahabat nabi ikut dalam perjalanan hijrah ke Madinah, namun sahabat tersebut memiliki niat lain selain hijrah yaitu berniat menemui gadis dari kaum Anshor yang ia sukai.
Dalam hal ini menyangkut hadits diatas bahwa sahabat tersebut hanya mendapatkan hasil sesuai niatnya yaitu mendapatkan perempuan itu saja.

#AyoNgaji
#AyoGabungKMNU
#SemangatKMNU
Share on Google Plus

About Ari Agustian

    Blogger Comment
    Facebook Comment